6 Tips Merawat Laptop yang Benar Supaya Tahan Lama

6 Tips Merawat Laptop yang Benar Supaya Tahan Lama
Share


6 Tips Merawat Laptop yang Benar Supaya Tahan Lama - Penggunaan Laptop dan perangkat portable seperti gadget di era Informasi seperti sekarang ini rasanya sudah tidak asing lagi, bahkan penggunaannya sangat luas didalam berbagai kalangan, mulai dari anak kecil sampai dewasa sudah bisa mengoperasikannya.

Perangkat laptop menjadi pilihan terbaik ketika diharuskan memilih barang elektronik yang mudah dibawa dan memiliki fitur yang lengkap. Namun dibalik tingkat penggunaan tersebut, tentu kita perlu merawatnya dengan benar agar dapat tahan lama dan awet saat digunakan.

6 Tips Merawat Laptop Yang Benar Agar Tahan Lama

Beberapa tips dibawah ini dapat kamu coba sendiri dengan bertujuan supaya laptop dan gadget kita lebih layak tahan lama untuk digunakan.

1. Membersihkan Keyboard

Keyboard merupakan salahsatu input device dimana dengan keyboard kita dapat memerintah secara langsung dengan mengetikan perintah yang telah ditetapkan. Keyboard juga menjadi salah satu device utama pada gadget, termasuk laptop. Oleh karenanya kita harus tetap menjaga keyboard, apalagi keyboard menjadi salahsatu jalan masuknya kotoran ke dalam laptop, seperti debu atau cairan. Semakin sering kita menggunakan dan membukalaptop maka semakin banyak pula debu berkesempatan untuk masuk kedalam celah keyboard. Jangan sampai keyboard laptop mu menyimpan banyak debu karena akan menjadi pemicu sirkulasi udara terhambat, sehingga laptop cepat panas.

Karena itu, rajin-rajinlah untuk membersihkan keyboard dari debu secara terjadwal, kalian bisa membersihkan keyboard dengan sikat khusu laptob, bisa dibeli di toko elektronik terdekat.

2. Gunakan Kipas Pendingin (Cooling Pad)

Pada umumnya, sebuah laptop memiliki sirkulasi udara untuk pembuangan udara panas yang terdapat dibagian bawah laptop. Kegunaan dari sirkulasi udara itu sendiri adalah untuk membuang udara-udara panas yang diakibatkan dari hardware seperti prosesor.

Bagi kamu yang memiliki laptop dengan sirkulasi udara dibagian bawah laptop, maka lebih baik untuk menggunakan kipas pendingin seperti gambar dibawah ini.

Namun jika laptop yang kamu gunakan memiliki sirkulasi udara yang berada disamping, maka disarankan untuk menggunakan alat penyedot udara seperti Vacuum Cooler dibawah ini.

3. Membersihkan Layar

Ketika layar laptop menyala kamu tidak akan melihat bahwa ternyata banyak sekali debu yang menempel pada layar laptop, selain itu dengan posisi pandangan ke laptop yang horizontal dapat membuat kamu tidak bisa melihat kotoran atau debu yang sebenarnya menempel pada layar laptop.

Cobalah untuk melihat layar ketika tidak menyala dengan posisi melihat dari samping , pasti kalian akan menemukan debu yang menempel dan akan terlihat jelas. Cara pembersihannya cukup mudah, kamu hanya perlu bersihkan layar dengan kain bersih dan lembut seperti tisu atau kain kasa yang diberi cairan anti bakteri khusus untuk layar gadget.

Selain debu, hindari juga layar laptop dari percikan air yang langsung mengenai layar laptop. Bercak air bisa datang dari mana saja, baik itu dari minuman yang tumpah, air pembersih dan lain lain. Bercakan air tersebut dapat menyisakan bentuk cacat noda pada layar yang tentu akan mengganggu jika terlihat sangat tampak.

Sebelum membersihkan bercakan tersebut, disyarankan untuk mematikan daya perangkat terlebih dahulu apabila laptop dengan baterai yang bisa dilepas lebih baik copot dulu baterainya. Kemudian bersihkan dengan kain kasa atau tisu hingga benar-benar kering dan bersih, selanjutnya bisa dihidupkan kembali. Tips lainnya yaitu melapisi layar laptop kalian menggunakan plastik khusu layar laptop.

4. Hindari Cahaya Layar Terlalu Terang

Kita tahu bahwa cahaya layar yang terlalu terang akan berdampak buruk bagi kesehatan mata. Selain itu, tingginya tingkat cahaya layar tersebut juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan gadget.

Dengan banyaknya cahaya yang dikeluarkan, maka secara otomatis akan memakan banyak daya baterai yang digunakan. Sehingga akan memperpendek umur hardware lain.

5. Perhatikan Aplikasi Perangkat Lunak (Software)

Selain memperhatikan hardware, kita juga perlu memperhatikan software. Banyaknya aplikasi yang terpasang juga akan menghambat kinerja sebuah laptop. Selain itu kita juga perlu melakukan defragment hard disk, membersihkan registry dan menghapus file sampah / yang tidak digunakan lagi.

Sebenarnya masih banyak Tips Merawat Laptop yang Benar Supaya Tahan Lama yang dapat kalian praktekan sendiri di rumah, mungkin akan saya post di kesempatan lain. Semoga dengan artikel tentang Tips Merawat Laptop yang Benar Supaya Tahan Lama dapat menambah wawasan pembaca semua.

Baca Juga : Tips Mengoptimalkan Kinerja Laptop Atau Komputer

1 Response to "6 Tips Merawat Laptop yang Benar Supaya Tahan Lama"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel