Ternyata ini Alasan Mengapa Urutan Huruf Keyboard Tidak Beraturan

Ternyata ini Alasan Mengapa Urutan Huruf Keyboard Tidak Beraturan
Share

Ternyata ini Alasan Mengapa Urutan Huruf Keyboard Tidak Beraturan

Alasan Mengapa Urutan Huruf Keyboard Tidak Beraturan - Keyboard merupakan salah satu hardware utama yang hampir terpasang pada setiap gadget seperti laptop, notebook. Komputer juga menggunakan keyboard sebagai hardware input. Denagn adanya keyboard kita dapat dengan mudah memerintah komputer dengan mengetikan kata kunci yang telah ditentukan, kita dapat menulis dengan mudah dan masih banyak lagi.

Masukan karakter itu bisa dalam bentuk huruf, angka atau simbol. Dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan keyboard hampir tidak pernah dipisahkan. Meskipun tampilan huruf pada keyboard tidak tercantum menurut abjad, tampaknya telah menjadi hal yang umum kita lihat pada setiap gadget ataupun komputer.

Ternyata ini Alasan Mengapa Urutan Huruf Keyboard Tidak Beraturan

Kembali ke topik artikel, pertanyaannya adalah mengapa susunan huruf pada tombol keyboard tidak dibuat berdasarkan sesuai dengan urutan huruf abjad ABCD saja? Dan mengapa harus menggunakan huruf yang dapat dibilang tidak beraturan seperti QWERTY?

Sebelum ke alasan utamanya mungkin akan saya ulas sedikit mengenai sejarah keyboard. Keyboard pertama kali ditemukan oleh Christopher Latham Scholes. Pada tahun 1868 dengan bentuk yang masih sangat sederhana berbeda dengan bentuk yang kalian dapati hari ini.

Pada suatu hari, Christopher menemukan kendala yang sangat mengganggu, ketika urutan tombol keyboard dibuat dalam urutan sesuai abjad. Ternyata adapat membuat mesin tik macet, terutama ketika membuat baris baru. Dikarenakan orang lebih cepat mengetik ketika huruf disusun sesuai abjad, yang akhirnya menyebabkan kemacetan pada mesin tik.

Mengapa Huruf Keyboard Harus Tidak Berurutan

Dari masalah serius yang disebabkan keyboard masing-masing selalu bertepatan sehingga mesin ketik yang sering macet. Singkat cerita, dengan Keyboard Christopher yang telah dibawa lebih lanjut oleh ilmuwan yang bernama E. Remington yang menyusun susunan keyboard dari tombol yang berantakan, lalu beliau susun sampai menjadi QWERTY. Komposisi QWERTY yang disusun oleh ilmuwan Remington sangat efektif untuk mengatasi dan menghindari kerusakan yang terjadi pada mesin ketik sebelumnya.

Perlu diketahui penggunaan susunan keyboard QWERTY digunakan dari sejak dulu sampai sekarang, dapat kita lihat sampai sekarang. Walau bukan pada mesin tik tuas. Hal tersebut dilakukan karena untuk menghargai sejarah dan menghargai pencetus pertama mesinketik.

Nah, itulah Ternyata ini Alasan Mengapa Urutan Huruf Keyboard Tidak Beraturan. Dari sejarah mesin tik atau keyboard diatas, dapat disimpulkan bahwa penyababnya yaitu karena apabila diurutkan sesuai abjad maka orang akan lebih cepat mengetik yang dapat menyebabkan kemacetan pada mesin tik, oleh karena itu urutan diacak sehingga biasa kita kenal urutan QWERTY.

2 Responses to "Ternyata ini Alasan Mengapa Urutan Huruf Keyboard Tidak Beraturan"

  1. Hi! Please note an interesting offering for you. http://bit.ly/2KctFBp

    BalasHapus
  2. […] Baca Juga : Ternyata Ini Alasan Huruf Keyboard Tidak Beraturan […]

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel