-->

Aplikasi Proteksi Ransomware Terbàik 2018

Aplikasi Proteksi Ransomware Terbàik 2018
Share

Aplikasi Proteksi Ransomware Terbàik 2018

Pada tahun 2018 diperkirakan terdapat 10 aplikasi proteksi ransomware terbaik untuk mengatasi serangan ransomware yang telah diperbaharui kwalitasnya guna mencegah serangan ransomware. 

Saat ini komputer digunakan tidak hanya untuk kegiatan mengetik dan memasukan data secara offline, namun juga banyak digunakan untuk aktivitas online. Saat ini kegiatan seperti menonton video, main game, streaming lagu, dan lain-lainnya secara online menjadi aktivitas yang banyak dilakukan menggunakan komputer. 

Aktivitas-aktivitas ini merupakan sumber-sumber yang membuat ransomware dapat meninfeksi suatu komputer.

Ransomware merupakan sejenis malware atau virus yang menyerang perangkat lunak yang berbahaya bagi komputer. Virus ini mampu untuk mengambil alih kendali atas sebuah komputer dan mencegah penggunanya untuk mengakses data di komputer tersebut. 

Orang yang mengirimkan ransomware ini bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari pemilik komputer yang diinfeksi oleh ransomware.

Pemilik komputer tidak dapat membuka komputer sampai pengirim ransomware memberikan kode tertentu agar dapat menggunakan kembali perangkatnya. Untuk mendapatkan kode atau cara menghilangkan ransomware tersebut pengguna diharuskan mengirimkan sejumlah uang atau hal lainnya pada pengirim. Sehingga hal ini tentu sangat merugikan bagi pengguna yang terifeksi.

Tentu menjadi penting bagi pengguna komputer untuk menanamkan proteksi pada komputernya agar tidak diinfeksi oleh ransomware. Dari tahun ke tahun inovasi antivirus dan perangkat lunak untuk melindungi komputer dari ransomware semakin berkembang. 

Di tahun 2018 diperkirakan terdapat 10 proteksi terbaik yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna komputer untuk melindungi data-data dari romsware.

10 Aplikasi proteksi ransomware Terbaik 2018

1. Aplikasi Proteksi ransomware - Bitdefeder Antivirus Plus

Anti vius ini akan mengidentifikasi ransomware berdasarkan behavior. Antivirus ini memiliki beberapa fitur, seperti password manager, sebuah penguatan browser, utilitas penghapusan yang aman, sebuah fitur scanning untuk kerentanan system terhadap virus, proteksi terhadap ransomware, dan beberapa fitur lainnya.

2. Aplikasi Proteksi ransomware - Webroot SecureAnywhere Antivirus

Antivirus ini dapat digunakan di PC ataupun di Mac. Beberapa fitur yang dapat dijalankan dengan aplikasi ini, seperti menganalisa proses instal aplikasi untuk mengurangi petunjuk dan peringatan, serta mengoptimalkan performance dari configurasi system yang unik. Perangkat lunak ini tentunya juga menjalankan proses antivirus scan. Sekalipun dengan beberapa tugas yang dijalankan bersamaan, antivirus ini tetap berjalan dengan cukup cepat di komputer.

3. Aplikasi Proteksi ransomware - Acronis True Imagine

Pada versi yang dirilis awal 2017 lalu, aplikasi ini mengkombinasikan solusi online dan backup data lokal yang membuat aplikasi ini layak dipertimbangkan, meskipun terdapat beberapa kekurangan seperti sinkronasisasi backup berkepanjangan dan advance sharing option. Pada edisi 2018, terdapat beberapa isu dan tambahan dalam proses backup online yang mudah digunakan, penguatan solusi untuk melindungi data dan gambar secara cloud.

4. Aplikasi Proteksi ransomware - Check Point ZoneAlarm Anti-Ransomware

Anti-ransomware ini bekerja dengan melihat proses aktif untuk memberikan kesimpulan mengenai aktivitas ransomware. Salah satu keunggulannya ialah antivirus ini menggunakan layers berbeda untuk melakukan proteksi, mulai dari mencocokan signature dari malware, lalu ke analisa heuristic, kemudian melakukan deteksi berdasarkan perilaku ransomware.

5. Aplikasi Proteksi ransomware - Trend Micro Antivirus Security

Trend Micro Antivirus + Security merupakan sebuah tool antivirus yang efektif, dan juga memiliki beberapa bonus tools security untuk lebih mengamankan komputer. Jika seorang pengguna mencari antivirus yang jelas negara pembuatnya, maka aplikasi ini dapat menjadi salah satu pilihan yang harus dipertimbangkan. Antivirus ini dibuat oleh sebuah perusahaan yang berbasis di Tokyo, Jepang.

6. Aplikasi Proteksi ransomware - CyberSight RamsomStopper

Kelebihan dari antivirus ini ialah antivirus ini akan bekerja dengan mendeteksi dan memblokir semua sample dari real-world ransomware. Juga tidak mengizinkan enkripsi dari file serta aplikasi ini diberikan secara gratis. Kekurangannya ialah dapat menganalisa ransomware dan mengenkripisi file hanya ketika waktu booting.

7. Aplikasi Proteksi ransomware - Bindefender Anti-Ransomware

Perangat lunak ini menggunakan teknik yang sama dengan system vaksisnasi yang menirukan efek yang sudah ditimbulkan dan penyembuhan dari suatu penyakit. Teknik ini diterapkan untuk melindungi PC dari ransomware sihingga antivirus ini disebut sebagai vaksinasi ransomware. Produk ini menyediakan proteksi melawan ransomware dengan keluarga ransomware yang sangat spesifik. Aplikasi ini tidak berbeda jauh dengan antivirus kebanyakan, tapi Bindefender melakukan dengan tepat fitur-fitur yang menjadi fungsi utamanya.

8. Aplikasi Proteksi ransomware - Cybereason RamsomFree

Keuntungan dari Cybereason ialah aplikasi ini free (gratis), running yang cepat, dan proses instalasi yang mudah. Cybereason akan melawan ransomware dengan mendeteks perilaku khusus dari ransomware. Juga akan menangkis virulen, sebuah percobaan dari real-world ransomware. Namun, aplikasi ini belum mampu mendeteksi simulator dari ransomware.

9. Aplikasi Proteksi ransomware - Malwarebytes Anti-Ransomware Beta

Aplikasi ini mungkin akan mengenkripsi file terlebih dahulu sebelum melakukan deteksi. Namun, Malwarebytes dapat mendeteksi dan mengkarantina ransomware berdasarkan perilaku dengan sangat ketata. Selain itu aplikasi ini juga disediakan secara gratis dan ringan.

10. Aplikasi Proteksi ransomware - Trend Micro RamsomBuster

Hal yang menarik dari Trend Micro RansomBuster ialah terdapat fitur Folder Shield yang akan memblokir akses yang tidak sah untuk melindungi dokumen, namun hanya terbatas untuk dua folder saja. Juga akan mendeteksi eknkripsi perilaku ransomware di semua folder. 
Ditambah juga, aplikasi ini dapat melakukan recover file yang dienkripsi sebelum melakukan deteksi dan tentunya aplikasi ini disediakan secara gratis.

Dari 10 penjabaran di atas, pengguna dapat memiih proteksi yang diyakini dapat melindungi komputernya dari serangan ransomware. Ada baiknya menginstal aplikasi tersebut sebelum diserang ransomware, karena akan lebih sulit lagi jika sudah diserang oleh ransomware. 

Seperti kasus yang membuat heboh pada tahun 2017, yaitu serangan ransomware wannacry yang menyerang beberapa perusahaan, instansi, dan komputer pribadi di dunia.


0 Response

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel